Jumat, 10 Mei 2019

Cara Memasang Kamera ke Tripod

Hasil gambar untuk cinema tripod
https://cloudfront.net/
Tripod adalah dudukan kamera berkaki tiga yang menstabilkan bidikanmu. Menggunakan tripod dapat membantumu mengambil foto yang lebih tajam, meskipun dalam pencahayaan yang kurang bagus. Ada banyak merek dan model tripod di pasaran, tetapi kebanyakan dari mereka menempel pada kamera dengan cara yang sama. 

Mempersiapkan Tripod

Pastikan kameramu memiliki dudukan tripod. Sebagian besar kamera modern memiliki kemampuan untuk di duduki tripod, tetapi beberapa kamera kecil tidak. Mount tripod adalah lubang kecil dengan ulir sekrup yang terletak di bagian bawah kamera; biasanya berdiameter sekitar 1/4 inci. Jika kamera kamu tidak bisa pakai tripod, kamu tidak akan bisa memasangnya ke tripod.

 
Lepaskan Pelat Kamera dari Tripod

Pelat kamera adalah bagian yang memasangkan kamera ke tripod. Cari klip atau tuas dan pasang  untuk membuka kunci pelat kamera dari bagian utama tripod. Ada banyak cara untuk menghubungkan kamera ke bodi utama tripodmu. Namun, hampir semua tripod menggunakan pelat kamera yang dapat dilepas untuk memudahkan pemasangan perangkatmu.
Secara teknismu tidak perlu melepaskan dudukan dari tripod. Namun, langkah ini akan membuatnya lebih mudah untuk mengacaukan kamera ke tripod.
Pastikan pelat pada tripod memiliki sekrup ukuran yang sama dengan kameramu. Tidak setiap kamera kompatibel dengan setiap pelat kamera. kamu mungkin dapat membeli pelat kamera baru yang sesuai dengan kamera dan tripodmu.


Atur Tingkatkan Tripod.

Sesuaikan kaki agar berdiri dengan stabil di tanah. Lepaskan tensioner pada kaki, dan naikkan ke ketinggian yang kamu butuhkan.Kamu dapat secara teknis memasang kamera ke tripod sebelum memasang tripod - tetapi kameramu akan lebih aman jika kamu mengatur alasnya terlebih dahulu. Jika kamu menjulurkan kaki, periksa apakah kakinya terkunci dengan benar sebelum kamu memasang kamera. 
Tripodmu tidak perlu benar-benar rata di tanah. Namun, harus cukup seimbang sehingga kemiringannya tidak terlihat. Leveling lebih penting jika kamu mengambil bidikan panorama dan menjahit beberapa frame menjadi satu gambar.
Beberapa tripod memiliki level gelembung bawaan yang membantu mu menstabilkan rig. Jika tidak, kamu selalu dapat membeli atau meminjam level kecil.

Penulis: Syukron A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar