Jumat, 12 April 2019

Cara Merawat Seseorang Dengan Gangguan Kesehatan Mental

Hasil gambar untuk gangguan mental
doc: Pinterest

Merawat seseorang dengan masalah kesehatan mental membawa tantangan tersendiri.Jika kamu punya teman atau keluarga yang memiliki kesehatan mental, perlu tindakan khusus agar mereka terawat dengan baik. Masalah kesehatan mental sangat bervariasi dalam tingkat keparahan dan penyebabnya. Masalah ringan adalah umum dan orang tersebut dapat dibantu melalui pemahaman dan dukungan. Gangguan kesehatan mental yang lebih parah, seperti depresi berat, lebih jarang terjadi dan menimbulkan lebih banyak tantangan.

Komunikasi dapat menjadi perjuangan bagi banyak orang dengan gangguan kesehatan mental. Beberapa orang tidak memiliki motivasi untuk berkomunikasi, sementara yang lain kurang percaya diri untuk mengatakan apa yang sebenarnya mereka inginkan. Beberapa orang mengalami halusinasi, yang dapat mempengaruhi bagaimana dan kapan mereka  berbicara.

Untuk membantu orang yang Anda sayangi ajaklah berbicara dan mendengarkan curhatan atau isi hati mereka, beri mereka cukup waktu untuk membuat diri mereka di dengar dan biarkan mereka tahu bahwa kamu dapat menerima mereka dan 'gangguan' mereka. Seringkali, orang dengan masalah kesehatan mental merasa terpisah dari orang lain, termasuk keluarga, teman, dan tetangga.

Penting untuk mendengarkan apa yang mereka katakan dan membiarkan mereka mengekspresikan diri mereka tanpa mengganggu atau menawarkan pendapat kamu. Dorong dan yakinkan mereka jika mereka marah atau tampak berjuang dengan emosi mereka. berilah nasihat agar tetap tenang dan keluar dari masalah yang ada, buatlah mereka senang dahulu.
  • MENJADI DEFENDER
Penjaga adalah orang biasa yang memberikan perawatan dan dukungan yang tidak dibayar dan berkelanjutan kepada seseorang yang mereka kenal yang memiliki kecacatan, mereka adlah orang yang cukup dekat penyakit mental,sperti karena ketergantungan narkoba atau alkohol, kondisi kronis, penyakit terminal atau yang lemah. Jika orang lain belum kenal dengan orang yang kamu jaga, bersikaplah seperti seorang kakak atau ayah yang melidunguinya agar tidak lepas kendali

Diagnosa
Jika Anda merawat seseorang yang tampaknya memiliki masalah kesehatan mental, mereka mungkin tidak mencari nasihat medis atau mereka mungkin berjuang untuk mendapatkan diagnosis spesifik. Jangan mendiagnosis sendiri masalah kesehatan mental. Diagnosis kesehatan mental biasanya akan dibuat oleh psikiater dengan masukan dari profesional kesehatan lainnya.

Mendapatkan diagnosis pasti gangguan kesehatan mental bisa sulit karena tidak ada tes fisik yang pasti. Diagnosis biasanya akan dibuat dengan mendiskusikan gejala dan mengambil riwayat medis. Sebagai pengasuh, Anda mungkin juga diminta untuk menggambarkan pengalaman Anda tentang penyakit mereka.

Dokter setempat adalah kontak penting untuk Anda. Mereka dapat membuat rencana perawatan kesehatan mental untuk orang tersebut dan ini akan menjadi langkah awal yang vital dalam rezim kepedulian Anda.

Jika orang yang Anda rawat tidak setuju dengan diagnosis awal mereka, mereka bisa mendapatkan pendapat kedua.

Kerahasiaan
Orang yang merawat seseorang dengan gangguan kesehatan mental mungkin menemukan bahwa beberapa profesional kesehatan enggan atau tidak mau berbagi informasi dengan mereka. Ini bisa sangat membuat frustasi karena seringkali pengasuh memiliki gambaran sepenuhnya tentang kondisi seseorang. Namun, para profesional kesehatan mental secara hukum terikat untuk melindungi kerahasiaan pasien mereka, sehingga mereka mungkin tidak dapat, daripada tidak mau, untuk berbicara tentang kebutuhan perawatan.

Untuk menghindari masalah ini, cobalah untuk mendapatkan persetujuan dari orang yang Anda rawat untuk mendiskusikan kebutuhan perawatan mereka sedini mungkin setelah diagnosis mereka. Persetujuan ini harus dibuat jelas tentang rencana perawatan atau dokumentasi yang berkaitan dengan perawatan mereka, dan setiap perubahan pada persetujuan ini harus dicatat dengan jelas.

Profesional kesehatan mental mungkin tidak dapat membagikan detail pribadi tertentu tentang kesehatan mental orang yang Anda rawat, tetapi ini tidak berarti bahwa mereka tidak boleh mendengarkan perspektif Anda.

Menetapkan batas
Anda perlu berbicara dengan orang yang Anda sayangi tentang apa Anda dan apa yang tidak siap Anda lakukan. Anda mungkin harus tegas dengan keputusan Anda. Jika Anda merasa Anda melakukan terlalu banyak, lihat apakah orang lain dapat berbagi tanggung jawab merawat dengan Anda.

Tingkah laku
Jika orang yang Anda rawat merasa sangat terisolasi atau putus asa, mereka mungkin mengatakan bahwa mereka ingin bunuh diri, atau mereka mungkin berusaha melakukannya.

Menyebutkan bunuh diri mungkin tidak sama dengan keinginan untuk mengakhiri hidup mereka. Mereka mungkin mengatakan bahwa mereka merasa kewalahan dan ingin itu berakhir, atau berbicara tentang merasa tidak berguna atau bahwa hidup mereka tidak ada gunanya. Sangat penting untuk mengakui pernyataan seperti itu daripada menolak atau memperjelasnya.

Anda mungkin khawatir tentang keselamatan Anda atau keselamatan orang yang Anda sayangi atau orang lain. Dalam hal ini, pertimbangkan untuk mendapatkan penilaian mendesak untuk orang yang Anda sayangi, serta penilaian pengasuh untuk diri sendiri.

Ini dapat dilakukan oleh tim kesehatan mental masyarakat yang sudah Anda kenal, atau rumah sakit setempat.


Jadilah orang yang selalu dekat agar mereka bisa lepas dari ganguan mental dan berusahalah meyakinkan mereka.

Penulis: SyukronA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar